DONGENG SEMUT DAN BELALANG

Pada siang hari di akhir musim gugur, satu keluarga semut yang telah bekerja keras sepanjang musim panas untuk mengumpulkan makanan, mengeringkan butiran-butiran gandum yang telah mereka kumpulkan selama musim panas. Saat itu seekor belalang yang kelaparan, dengan sebuah biola di tangannya datang dan memohon dengan sangat agar keluarga semut itu memberikan sedikit makan untuk dirinya.
“Apa!” teriak sang Semut dengan terkejut, “tidakkah kamu telah mengumpulkan dan menyiapkan makanan untuk musim dingin yang akan datang ini? Selama ini apa saja yang kamu lakukan sepanjang musim panas?”
“Saya tidak mempunyai waktu untuk mengumpulkan makanan,” keluh sang Belalang; “Saya sangat sibuk membuat lagu, dan sebelum saya sadari, musim panas pun telah berlalu.”
Semut tersebut kemudian mengangkat bahunya karena merasa gusar.
“Membuat lagu katamu ya?” kata sang Semut, “Baiklah, sekarang setelah lagu tersebut telah kamu selesaikan pada musim panas, sekarang saatnya kamu menari!” Kemudian semut-semut tersebut membalikkan badan dan melanjutkan pekerjaan mereka tanpa memperdulikan sang Belalang lagi.

di spnjang musim si belalang asik nyanyi dan menari hingga lupa waktu. Dia melihat semut bekerja keras mengumpul makanan, lalu mengejek si semut dan mengajak semut tsb utk ikut bernyanyi2 brsama sibelalang. Tapi semut menolak dg alasan musim dingin akan segera tiba, dia harus mengumpulkan banyak makanan. Sibelalang dengan sinis bilang ke semut dan memprediksi klo musim dingin kli ini tidak berlansung lama dan tidak dingin, karena cuaca tiap hari cerah. jadi tidak usah ngumpul makanan banyak2. Tetapi, saat musim dingin datang, ternyata sangat lama dan dingin. Si belalang pun kehabisan makanan disarangnya, tidak bisa keluar dan mati kedinginan.
 Ini kalau di perancis judul nya les fourmis et le cigale, hikmah ceritanya kita harus bekerja keras dan menabung (sedia payung seblm hujan), harus memikirkan masa depan gitu… Meneladani sifat semut yang bekerja keras sepanjang waktu dan mengambil pelajaran dari sifat belalang yang berleha-leha sehingga di masa depan kesulitan…
Iklan
Perihal

seorang pemuda yang masih mencari jati dan berusaha untuk berbuat yang terbaik

Ditulis dalam Fabel, Inspirasi dan Motivasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Statistik Blog
  • 10,011 hits
Data Kunjungan per 16-02-2017
Flag Counter
Kalender 2017
September 2016
S S R K J S M
« Agu   Okt »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  
Ikuti saya di Twitter
%d blogger menyukai ini: