Universitas NU Purwokerto

Rendering  UNU Purwokerto

unu

fb_img_14866055344167442.jpg

Bahwa pada hari SELASA, 14 Pebruari 2017 akan diadakan LAUNCHING UNIVERSITAS NU Purwoketo, jam 09.30 sd Selesai, yg akn dihadiri oleh KEMENRISTEK DIKTI, PBNU DAN HABIB SYECH. TEMPAT: SMK 2 KARANGLEWAS (selatan makam mahdum wali).
Sekretariat PANITIA LAUNCHING UNU PURWOKERTO.
sumber IPNU PC Kab Banyumas.

img_20170124_071848.jpg

Purwokerto sebagai salah satu pusat pendidikan di Jawa Tengah, dengan hadirnya Universitas NU Purwokerto maka iklim pendidikan di Purwokerto semakin berkembang dan persaingan juga semakin ketat.

Universitas NU Purwokerto rencana akan dibangun di Karang lewas berdekatan dengan Kampung Logawa dan Panembahan Makdum Wali. Ada dampak positif terkait pemilihan lokasi kampus ini yaitu berada di kawasan barat perkotaan Purwokerto, ini berdampak positif bagi pemerataan pusat keramaian baru yang selama ini terkonsentrasi di kawasan timur dan utara.

dan jika melihat sejarahnya, sebenarnya kawasan barat ini pernah menjadi pusat peradaban dan kegiatan dalam sejarah pertumbuhan Purwokerto di masa lalu, dengan hadirnya universitas di kawasan ini diharapkan bisa mengangkat kembali kawasan ini menjadi basis penting pertumbuhan kota di masa mendatang.

Tambah info dari http://purwokertostudent.blogspot.co.id

Pendirian Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Purwokerto menambah lagi daftar Perguruan Tinggi Swasta(PTS) di Kabupaten Banyumas, pembangunan yang di kebut sejak tahun 2015 di Kompleks Makam Syekh Makdum Wali, Karanglewas dan pengajuan ijin pendirian PTS UNU Purwokerto ke Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) juga telah diajukan, ditargetkan pada tahun 2017, tahun ajaran baru, penerimaaan mahasiswa. Ini Surat Keputusan Kemenristek DIKTI No. 494/KPT/I/2016.

Launching. Peresmian UNU Purwokerto direncanakan Selasa 14 Februari 2017, 12.00 WIB di Kompleks Makam Syekh Makdum Wali, Karanglewas. Sholawat bersama Habib Syech Makdum Wali, dihadiri oleh Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D,.AK dan Prof. Dr. KH. Said Aqil Siroj, MA.

Tahun pertama, UNU Purwokerto membuka 13 Program Studi(Prodi), berikut prodinya:
(S1) Agroteknologi, (S1) Teknologi Pangan, (S1) Teknik Pertanian dan Biosistem, (S1) Peternakan, (S1) Ilmu Perikanan, (S1) Biologi, (S1) Matematika, (S1) Manajeman, (S1) Akuntansi, (S1) Administrasi Publik, (S1) Pendidikan Bahasa Inggris, (S1) Hukum , (S1) Hukum Syariah.
Visi dan Misi UNU Purwokerto
Visi
Menjadi universitas yang unggul dalam menghasilkan SDM dan pengembangan IPTEKS berdasarkan nilai-nilai keislaman, kearifan lokal dan berwawasan global
Misi 
  1. Menyelenggarakan pendidikan guna menghasilkan sumberdaya manusia bermoral yang memiliki nilai-nilai keislaman dan kearifan lokal, kompetensi akademik berwawasan global, kemampuan kepemimpinan, kewirausahaan, kemampuan memecahkan masalah untuk pembangunan masyarakat Indonesia.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, budaya dan seni berlandaskan nilai-nilai keislaman yangberorientasi global guna menjawab permasalahan nasional dan meningkatkan kualitas hidup dan peradaban.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan industri menuju terciptanya masyarakat madani yang ber- Bhineka Tunggal Ika.

 

UNU Purwokerto Resmi Berdiri

Banyumas – Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir serahkan Surat Keputusan (SK) Pendirian Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Purwokerto, Selasa (14/2) di Purwokerto, Kecamatan Karanglewas. SK tersebut diserahkan langsung oleh Nasir kepada Rektor UNU Purwokerto Ahmad Sodiq.

Menurut Ketua Harian PBNU Hanief Saha Ghafur selama ini PBNU ikut andil besar dalam mempersiapkan kelahiran UNU Purwokerto dan selalu mendukung agar warga NU ikut dalam membangun Pendidikan Tinggi.

“Pendidikan itu adalah amanat, amanat kita semua, oleh karena itu mengelola pendidikan jangan seperti masuk museum, tapi berpikir kedepan, karena orang tua mengamanatkan anaknya untuk dididik dan berhasil di masa depan,” tuturnya.

Di sisi lain Kabupaten Banyumas juga ikut mendukung pendirian UNU Purwokerto.

“Saya hanya bisa katakan, Banyumas siap mendukung dan membesarkan UNU Purwokerto ini beserta Perguruan Tinggi yang ada di sekitar Banyumas, terutama Purwokerto ini,” jelas Bupati Banyumas Achmad Husein.

Dengan diresmikannya UNU Purwokerto, maka kini bertambahlah lembaga Pendidikan Tinggi dari daerah yang terkenal dengan tempe mendhoannya itu. Selain PTN yaitu Unsoed, UNU menjadi salah satu lembaga yang membantu Pemerintah dalam memberikan akses ke Perguruan Tinggi dan mengurangi disparitas.

“Saya harap UNU Purwokerto ini jadi bagian penting dalam memberikan akses berkuliah kepada masyarakat sekitar Purwokerto ini, berkolaborasi, bersaing dalam peningkatan kualitas saja,” ujar Nasir.

UNU Purwokerto juga dituntut untuk segera menapak lebih lagi dengan menyiapkan standar kualitas Pendidikan tinggi yang lebih baik lagi.

“Saya minta UNU Purwokerto ini agar segera memenuhi Pakta Integritas, segera mengajukan akreditasi institusi jika siap, ajukan akreditasi prodi ke BAN-PT, dan tak lupa buat sistem penjaminan mutu internal yang baik,” harapnya.

Terlihat hadir juga pada acara yang diguyur hujan deras itu antara lain adalah Syech Abdul Qodir Assegaf yang akan melakukan istighotsah bersama.

Read more at http://www.ristekdikti.go.id/unu-pur…eoQ7wPu5J3j.99

http://www.ristekdikti.go.id/unu-pur…resmi-berdiri/

UNU Purwokerto Jangan Dikelola Seperti Museum

Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Purwokerto yang baru saja didirikan diharapkan dapat dikelola dengan profesional dan visioner. Karena pada hakikatnya mengelola perguruan tinggi adalah membangun masa depan bangsa dan negara.

Hal itu disampaikan Ketua PBNU Pusat Dr Hanif Saha Ghofur saat usai peluncuran Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Purwokerto, di Kompleks Kampus UNU dekat Makam Syekh Makdum Wali, di Karanglewas, Selasa (14/2). Hanif mengatakan berdirinya UNU Purwokerto merupakan amanah dari PBNU yang harus dikelola dengan baik dan profesional.

“UNU diharapkan jadi perguruan tinggi unggulan. Jangan asal ada, sehingga adanya seperti tidak adanya. Makanya kami berharap pengelola dan semua pihak turut membesarkan dan memajukan UNU Purwokerto ini,” kata Hanif yang mewakili Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siraj.

Hanif juga mengatakan PBNU akan terus memperketat ijin pendirian perguruan tinggi di lingkungan NU. Hal ini penting agar perguruan tinggi yang didirikan warga NU dapat berdiri dengan kuat dan unggul. Ketersediaan infrastruktur, aset dan sumber daya pendukung lain harus ada sebelum perguruan tinggi ini berdiri.

“Perguruan tinggi harus dikelola dengan visi ke depan. Jangan seperti mengelola museum yaitu melihat ke belakang. UNU Purwokerto harus dijaga dan dikelola dengan baik sehingga bisa memberikan manfaat bagi bangsa dan negara,” jelasnya.

Sementara secara resmi, peluncuran UNU Purwokerto dilaksanakan oleh Menteri Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Menristek Dikti) , Prof Mohamad Nasir PhD Ak dengan menyerahkan surat ijin pendirian perguruan tinggi kepada Ketua Umum Pendiri UNU Purwokerto, Akhmad Sodiq. Nasir dalam sambutan singkatnya juga berharap UNU Purwokerto dapat menjadi perguruan tinggi yang berkualitas, unggul, modern dan memberikan manfaat.

“Kami berharap UNU Purwokerto bisa mencetak lulusan berkualitas, bisa menunaikan tugas perannya sebagai khalifah di bumi dan dapat membangun Indonesia,” katanya sebelum acara pembacaan shalawat bersama Habib Syekh bin Abdul Qodir as Segaf.

Ketua Umum Pendiri UNU Purwokerto, Akhmad Sodiq menyatakan sejak peluncuran UNU Purwokerto ini, maka telah dibuka tujuh program studi eksakta dan enam program studi sosial humaniora. Prodi eksakta itu antara lain Agroteknologi, Teknologi Pangan, Teknik Pertanian dan Biosistem, Peternaan, Ilmu Perikanan, Biologi dan Matematika. Sementara prodi sosial humaniora antara lain Manajemen, Akuntansi, Administrasi Publik, Hukum, Hukum Syari’ah dan Pendidikan Bahasa Inggris.

Suara Merdeka

Iklan
Perihal

seorang pemuda yang masih mencari jati dan berusaha untuk berbuat yang terbaik

Ditulis dalam Info Banyumas, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kota Baru Purwokerto
Ikuti saya di Twitter
Statistik Blog
  • 16,582 hits
Data Kunjungan per 16-02-2017
Flag Counter
Kalender 2017
Januari 2017
S S R K J S M
« Des   Feb »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
%d blogger menyukai ini: