Belajar Tentang Arti Kebijaksanaan Dari Pohon Beringin

 

Alam adalah sumber pelajaran bukan saja tentang pelajaran ilmu eksakta, tetapi juga tentang ilmu sosial dan kemanusiaan. Pada tulisan kali ini saya akan membahas tentang pohon beringin.

Pohon beringin adalah salah satu pohon yang umum dijumpai di banyak ruang terbuka hijau atau taman-taman kota. Dalam sejarah pertumbuhan kota , pohon beringin juga menjadi bagian dari simbol pusat pemerintahan baik era kerajaan maupun kolonial. Pohon beringin telah lama menjadi salah satu elemen Ruang terbuka hijau yang merupakan satu kesatuan konsep dengan pusat pemerintahan yang kita kenal dengan nama alun – alun.  Mungkin yang menjadi satu alasan dipilihnya pohon ini adalah bentuk pohonnya yang bisa tumbuh besar dan tinggi sehingga cukup baik untuk dimanfaatkan sebagai tanaman peneduh di tanah lapangan.

Meskipun pada saat ini peran pohon beringin semakin berkurang karena pada banyak kasus peremajaan taman kota biasanya diganti dengan jenis pohon lain yang terlihat lebih indah dan bisa berbunga lebat seperti tabubuya , kamboja dan lain sebagainya. Sedangkan pohon beringin umumnya merupakan warisan masa lalu yang di beberapa kota bahkan ditetapkan sebagai bagian dari warisan budaya atau cagar budaya .

Nah membahas tentang pohon bering ini ada beberapa hal  yang menurut saya cukup menarik. Pohon beringin adalah pohon yang bisa tumbuh besar dan tinggi , menjadi tempat tinggal hewan kecil dan burung-burung . Akan tetapi tak ada orang yang menggunakan kayu beringin sebagai salah satu bagian dalam membuat rumah atau bangunan. Karena batang pohon beringin memiliki sifat dasar sebagai kayu yang rapuh, dan mudah sekali tumbang bahkan tak jarang tercerabut beserta akarnya ketika ditimpa bencana angin kencang. Sehingga kayu dari pohon beringin tidak cocok jika digunakan sebagai bahan bangunan dan tidak bisa bertahan lama.

Selain bisa tumbuh besar, pohon beringin juga bisa tumbuh kerdil jika ditanam di media tanam yang sempit seperti pot dan dijadikan bonsai.

Nah beberapa hal yang bisa kita jadikan pelajaran adalah sebagai berikut.

  1. Tumbuh besar dan tinggi,

Yang kita pelajari adalah bahwa kita bisa sukses, bisa mencapai prestasi setinggi-tingginya tergantung dengan seberapa keras kita mau berusaha memanfaatkan segala potensi yang kita miliki. Tentu seberapa hasil yang kita dapatkan sepadan dengan seberapa besar usaha dan pengorbanan kita.

  1. Menjadi tempat bernaung hewan – hewan kecil dan burung, memberikan pelajaran bahwa segala keberhasilan dan kesuksesan yang kita raih dan milikisebaiknya menjadi manfaat bagi orang lain dan lingkungan di sekitar kita. Tak ada artinya jika kita egois dengan dunia sekitar kita karena sebaik baik orang adalah yang bermanfaat bagi orang lain dan lingkungannya.
  2. Batang kayunya rapuh dan mudah tumbang, memberi arti bahwa seberapa besar keberhasilan dan kesuksesan kita hendaknya tidak membuat kita lupa diri karena pada dasarnya kita adalah lemah dan rapuh. Akan sangat berbahayanya hidup kita jika sampai lupa diri dan kita baru sadar ketika kita tumbang karena dihantam berbagai persoalan hidup.
  3. Manfaat Estetika sebagai bonsai di Pot. Memberi arti bahwa kita harus bisa menyesuaikan diri dengan keadaan di sekitar kita dengan segala kekurangan dan keterbatasan yang ada .Kita harus tetap memberi nilai dan manfaat bagi orang lain sesuai dengan keadaan kita dengan potensi yang kita miliki. Seperti manfaat pohon beringin bonsai yang tetap memiliki nilai estetika bagi taman atau halaman rumah.

Demikianlah beberapa poin yang bisa kita petik sebagai pelajaran tentang nila -inilai kehidupan dan kebijaksanaan  yang bisa kita pelajari dari pohon beringin.

Iklan
Perihal

seorang pemuda yang masih mencari jati dan berusaha untuk berbuat yang terbaik

Ditulis dalam Inspirasi dan Motivasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kota Baru Purwokerto
Ikuti saya di Twitter
Statistik Blog
  • 59.260 hits
Data Kunjungan per 16-02-2017
Flag Counter
Kalender 2017
Maret 2017
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
%d blogger menyukai ini: