Perdebatan Tentang Angka 6 dan 9

Pernahkah Anda melihat  dua orang yang berada di posisi berbeda berdebat tentang sebuah angka . Beginilah kira kira

fb_img_1496852355179.jpg

salah satu di antara mereka menyatakan yang benar angka 6 sedangkan disisi lain menganggap yang benar angka sembilan. Jika mau objektif dapat diambil kesimpulan bahwa semuanya benar. Tentu saja benar sesuai posisinya darimana angka itu dilihat.

Kita tidak bisa menyalahkan orang lain hanya karena kita merasa pendapat kita benar . Tapi kita juga harus menerima kemungkinan kebenaran pendapat orang lain yang benar dari sisi orang tersebut . karena kebenaran dinilai bukan hanya dari satu sisi . Kebenaran dalam contoh kasus ini adalah relatif tegantung dari sudut pandangnya dan posisinya maka akan menjadi masalah jika karena memperdebatkan benar salah mengakibatkan perselisihan atau permusuhan , kalo itu terjadi bisa mencemari nilai kebenaran yang diperdebatkan. Perselisihan dalam kasus ini hanya membuang waktu dan energi , akan lebih baik kita menerima pendapat orang lain dari sisi yang lain .

Dalam kehidupan kita, banyak sekali contoh kasus seperti ini. Salah satu yang saya contohkan adalah hutang. Apakah hutang itu baik atau buruk, menguntungkan atau merugikan, menambah miskin atau menambah kekayaan itu tergantung dari sudut pandang dan posisi orang yang menilai. Misalnya jika orang yang berhutang itu punya usaha, bisa memutar dan mengembangkan uang maka ia akan berpendapat bahwa hutang itu baik,  menambah kekayaan dan menguntungkan. sebaliknya jika orang tidak bisa memutar uang maka ia akan berpendapat bahwa hutang itu merugikan karena hanya akan mengakibatkan dikejar kejar tagihan hutang. Kedua pendapat itu sama benarnya tergantung sudut pandang dan posisinya. Dan tentu saja banyak sekali contoh lain dalam dunia kehidupan kita dan sayangnya sebaian besar menimbulkan perdebatan dan permusuhan hanya karena berbeda pendapat. Mari Kita bersikap bijaksana.

 

Iklan
Perihal

seorang pemuda yang masih mencari jati dan berusaha untuk berbuat yang terbaik

Ditulis dalam Inspirasi dan Motivasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kota Baru Purwokerto
Ikuti saya di Twitter
Statistik Blog
  • 14,973 hits
Data Kunjungan per 16-02-2017
Flag Counter
Kalender 2017
Juni 2017
S S R K J S M
« Mei   Jul »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  
%d blogger menyukai ini: